1. /
  2. Blog
  3. /
  4. Blogspot
  5. /
  6. 10 Alasan Terlengkap Kenapa...

10 Alasan Terlengkap Kenapa Kamu Harus Kuliah di Malaysia!

Hii Venners! Buat kamu yang tertarik kuliah di Malaysia, artikel ini wajib banget kamu baca. Selain dikenal sebagai salah satu tujuan wisata lewat tagline “Truly Asia”, Malaysia juga merupakan salah satu negara favorit yang banyak diincar untuk tujuan kuliah. 

Berdasarkan informasi, peningkatan mahasiswa Indonesia dan internasional yang kuliah di Malaysia terus meningkat setiap tahunnya. Ini tentunya menjadi bukti bahwa kualitas pendidikan Malaysia memang cukup diakui di kawasan regional maupun internasional. Lingkungan nyaman dan ekonomis yang ditawarkan Malaysia pun turut membuat para pelajar dari berbagai negara memantapkan pilihan kuliahnya di Malaysia. Berikut 10 alasan Malaysia layak dilirik sebagai destinasi studi bagi pelajar Indonesia!

1.  Jaminan Kualitas Pendidikan

Pemerintah Malaysia berupaya membentuk SDM yang berkualitas dengan meningkatkan mutu pendidikan di negaranya. Hal ini dapat dilihat dari pengawasan ketat Lembaga Pemerintah Malaysia, di antaranya:

–          The EducationAct 1996

–          The Private Higher Educational Institutions Act 1996

–          The Malaysian Qualification Agency Act 2007

Malaysian Qualification Agency (MQA) cukup menarik perhatian para pelajar. Panduan besar ini berisi pemenuhan standar mutu pendidikan internasional bagi universitas dan institusi yang tersebardi Malaysia. Pemberian kurikulum ini menghasilkan keterampilan SDM yang berkualitas. Bahkan, perguruan tinggi Malaysia selalu memperbaharui sistem pendidikan sesuai dengan teknologi yang berkembang.

Venners, kamu juga harus tahu, pemerintah dan juga institusi pendidikan di Malaysia menjalin kerja sama yang baik. Banyak lulusan kompetitif yang dapat bersaing secara global dengan standar pendidikan internasional di Negeri Jiran itu.

2. Biaya Kuliah dan Biaya Hidup Terjangkau

Dikenal sebagai negara ekonomis, Malaysia khususnya Kuala Lumpur dinobatkan sebagai kota paling terjangkau kedua di dunia QS “Best Student Cities 2018”. Penghargaan ini diraih Malaysia berdasarkan biaya hidup dan biaya kuliah yang cenderung lebih murah dibanding Australia, Inggris, Singapura, dan Kanada.

Biaya kuliah di Malaysia berkisar antara Rp57 juta – Rp85 juta per tahun, sedangkan biaya hidupnya antara Rp5,7 juta – Rp9,9 juta per bulan. Sebagai perbandingan, biaya kuliah di Australia berkisar antara Rp136 juta – Rp368 juta pertahun dan Rp15 juta – Rp25 juta untuk biaya hidup per bulannya. Wah cocok banget nih buat kamu yang pengen kuliah ke luar negeri dengan harga yang terjangkau!

3. Jenjang Pendidikan Tinggi yang Beragam

Beragamnya jenis jenjang pendidikan di Malaysia cukup diminati kalangan pelajar internasional. Jenjang pendidikan tersebut di antaranya Pre-U, Foundation, Diploma, S1, S2, S3, Gelar Ganda, Sertifikasi, dan lainnya.

Akreditasi internasional pun dapat diraih mahasiswa Malaysia karena Malaysia menjalin kerja sama dengan negara sahabat seperti Amerika Serikat, Australia, Canada, Inggris, dan New Zealand.

Artinya, kamu dapat menempuh pendidikan di Universitas Inggris yang ada di Malaysia atau kuliah di Universitas yang menjalin kerja sama dengan Universitas di luar negeri. Dengan cara ini, kamu dapat menghemat biaya kuliah dan living cost, tapi tetap mendapatkan mutu pendidikan berkualitas dan pengakuan mahasiswa ditingkat internasional.

4. Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Inggris

Bahasa Inggris merupakan bahasa kedua yang sering digunakan di Malaysia setelah bahasa Melayu, yang merupakan bahasa resmi negara. Bahasa Inggris juga merupakan bahasa pengantar yang digunakan di kehidupan perkuliahan serta kehidupan sehari-hari di Malaysia.

Tak heran jika salah satu syarat untuk kuliah di Malaysia adalah menyerahkan sertifikat kemampuan bahasa Inggris baik TOEFL maupun IELTS. Namun, jangan khawatir jika kamu mengalami kendala dalam bahasa Inggris. Banyak sekali lembaga pendidikan di Malaysia yang menawarkan basic english course dan hampir semua universitas mempunyai foundation dalam bahasa inggris.

Penggunaan bahasa Inggris ini akan melatih dan meningkatkan kualitas diri kamu, sehingga dapat menjadi lulusan kompetitif yang dapat bersaing secara global.

5. Malaysia, Negara Multikultural

Perpaduan etnis Melayu, China, India, dan masyarakat asli yang dikenal “Bumiputera” bersatu di Tanah Malaysia. Perbedaan ini membuat para pelajar yang melangsungkan studi di sana dapat menikmati kekhasan masing-masing budaya, sehingga dapat bertukar wawasan dan tradisi budaya. Wawasan budaya ini dapat meningkatkan toleransi atas berbagai perbedaan yang mereka temui.

6. Kemudahan Mengurus Imgrasi

Kedatangan pelajar internasional mendapatkan dukungan positif dari Pemerintah Malaysia. Hal ini dibuktikan dengan kemudahan proses pembuatan visa. Syarat imigrasi yang harus dipersiapkan dan diurus tidak dipersulit oleh negara. Berbeda dengan negara-negara lain yang membuat syarat cukup kompleks dan cukup ketat bagi pelajar internasional. Bahkan beberapa Universitas di Malaysia bersedia membantu proses imigrasi pelajar internasional yang telah resmi dinyatakan diterima di universitas tersebut. 

7. Modern dan terus berkembang

Perkembangan teknologi selalu disambut baik oleh sistem pendidikan di Malaysia dengan menyesuaikan kurikulum serta memberikan fasilitas terbaik untuk para pelajarnya. Pengetahuan dan keterampilan dikolaborasi dan diintegrasikan ke dalam institusi pendidikan. Berbagai sektor yang berkontribusi untuk kemajuan bangsa terus dikembangkan menjadi aspek berpengaruh dalam ekonomi global. Misalnya University Malaya, University of Technology Malaysia, University of Science Malaysia, dan Malaysian University of Science and Technology menawarkan lulusan berkualitas di berbagai bidang teknik.

Bahkan, sejumlah perusahaan berskala global di bidang teknik dan manufaktur juga berasal dari negara ini, misalnya Tenaga Nasional Berhad, Hewlett-Packard Enterprise (HP) Services, AirAsia, Shell Malaysia, dan Petroliam Nasional Berhad (Petronas). Menanggapi perkembangan yang cukup pesat, Malaysia terus maju dalam berbagai sektor, seperti pariwisata, teknologi medis, peralatan optik, dan pertanian.

8. Berkesempatan Magang di Perusahaan Multinasional

Beberapa perusahaan multinasional Malaysia menawarkan program magang untuk para pelajar internasional. Program magang ini ditujukan untuk meningkatkan kualitas serta keterampilan para pelajar. Mereka akan dibayar sekitar Rp1.750.000 hingga Rp3.500.000 per bulan. Bahkan, perusahaan ternama akan membayar lebih besar dari itu. Selain uang saku, ilmu dan relasi kerja juga akan kamu dapatkan. Kebebasan bekerja ini berlaku di Negara Malaysia dengan batas waktu maksimal 20 jam per minggu.

9. Variasi Wisata dan Kuliner

Kamu ga perlu khawatir untuk menyesuaikan lidah jika studi di Malaysia. Makanan lokal hingga internasional dijajakan di berbagai tempat di sana. Selain itu, berbagai tempat wisata seperti rekreasi modern, suasana alam, cagar budaya, sejarah, dan lainnya wajib kamu kunjungi untuk melepas penat ketika kelelahan beraktivitas di Negeri Jiran itu.

Malaysia juga memiliki lokasi yang strategis. kamu dapat melanjutkan perjalanan ke destinasi terdekat seperti Bali, Phuket, Krabi, dan Hanoi. Penerbangan ke negara-negara tetangga itu hanya ditempuh dalam 1 sampai 3 jam dengan biaya yang relatif terjangkau.

10. International Degree

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, kamu dapat mendapatkan international degree dari beberapa universitas luar negeri yang bekerja sama dengan Malaysia. Beberapa kampus cabang universitas luar negeri seperti Inggris, Irlandia dan Australia, menawarkan program gelar dan transfer kredit nilai.

Twinning programme yang paling populer di Malaysia adalah ‘2+1’, dimana mahasiswa kuliah 2 tahun pertama di Malaysia, dan satu tahun terakhir dapat diselesaikan di Inggris, Australia, Kanada, Selandia Baru, Perancis atau Jerman.

Lalu, ada program yang tak kalah menarik, yakni program ‘2+2’, dimana mereka akan kuliah dua tahun pertama di Malaysia dan dua tahun di Amerika, misalnya.

Terakhir, terdapat program ‘3+0’, dimana mahasiswa berkuliah 3 tahun di Malaysia dan tetap mendapatkan gelar dari universitas luar negeri.

Dari 10 poin di atas, tak heran jika Malaysia menjadi salah satu negara incaran untuk melanjutkan pendidikan. 

Penulis: Widi Suryati

Edvan Global Link,
Your Education and Career Planning Partner

Leave a Reply

Your email address will not be published.