1. /
  2. Blog
  3. /
  4. Blogspot
  5. /
  6. Universiti Kebangsaan Malaysia, Universitas...

Universiti Kebangsaan Malaysia, Universitas Keren yang Harus Kamu Tau!

Mendengar nama Universiti Kebangsaan Malaysia (UKM) atau The National University of Malaysia sepertinya sudah tidak asing lagi bagi kamu yang berencana untuk melanjutkan studi ke Malaysia. Yupp, betul banget Universiti Kebangsaan Malaysia ini adalah salah satu universitas terbaik yang ada di negeri jiran.

Kampus yang lokasi nya berdekatan dengan kota administrasi Malaysia, Putrajaya, lebih tepatnya di Bandar Baru Bangi, Selangor, merupakan kampus negeri yang sudah berdiri sejak tahun 1970. Selain itu, banyak juga lho program-program yang ditawarkan di Universiti Kebangsaan Malaysia. UKM menawarkan 75 program sarjana  (undergraduate), 264 program sarjana lanjutan (postgraduate), dan 13 Fakultas, yaitu:

  1. Fakultas Ekonomi dan Manajemen
  2. Fakultas Farmasi
  3. Fakultas Teknik dan Lingkungan Binaan
  4. Fakultas Pendidikan
  5. Fakultas Studi Islam
  6. Fakultas Kedokteran Gigi
  7. Fakultas Kedokteran
  8. Fakultas Sains dan Teknologi
  9. Fakultas Ilmu Kesehatan
  10. Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora
  11. Fakultas Informasi dan Teknologi
  12. Fakultas Hukum
  13. UKM – Graduate School of Business 

Dari 13 Fakultas di atas, masih ada banyak lagi jurusan-jurusan yang bisa kamu ambil,, tidak jauh beda dengan sistem di indonesia. Misalnya Fakultas Studi Islam menyediakan jurusan syariah, teologi dan filosofi, studi bahasa arab dan peradaban islam, studi kepemimpinan dan dakwah, serta, studi al-qur’an dan sunnah. Begitu pun dengan fakultas-fakultas lainnya.

Selain berlokasi di Bangi, Selangor, UKM pun memiliki kampus cabang di Kuala Lumpur. Untuk fakultas yang berlokasi di Kuala Lumpur hanya fakultas kedokteran, fakultas ilmu kesehatan, fakultas kedokteran gigi, dan fakultas farmasi. UKM juga memiliki UKM- Medical Centre yang berlokasi di Cheras, Kuala Lumpur. 

Universitas Kebangsaan Malaysia menyediakan berbagai fasilitas kampus yang lengkap juga, lho, diantaranya perpustakaan, pusat kesehatan, masjid, bank, kantor pos, kafe, internet dan wifi, fasilitas olahraga, dan tak lupa ada juga Students Residential Colleges.  Fasilitas-fasilitas tersebut tentunya akan memudahkan para siswa nya untuk berkegiatan di dalam kampus, baik mengenai akademik maupun non- akademik.

Untuk prestasi dan ranking UKM tidak perlu diragukan lagi. Menurut QS World University Rankings 2022, UKM berada di posisi 144 dunia dan posisi 35 di Asia. Sejumlah alumni keren-keren pun pernah mengenyam pendidikan di UKM, di antaranya ada Sheikh Muszaphar Shukor Al Masrie yang merupakan seorang pakar kesehatan Malaysia dan merupakan orang Malaysia pertama yang pergi ke luar angkasa, Mohd Rashid Hasnon yang merupakan seorang politikus, Syed Hussein Alatas yang merupakan seorang akademisi, sosiologis, dan politikus, Anthony Loke Siew Fook yang merupakan mantan menteri transportasi Malaysia, dan masih banyak lagi. 

Lalu, kenapa harus kuliah di Universiti Kebangsaan Malaysia? Ada beberapa alasan kenapa Venners harus kuliah di UKM, diantaranya, UKM adalah salah satu kampus negeri di Malaysia yang didukung oleh pemerintah Malaysia dalam hal penelitian, dan merupakan universitas yang otonom. Pada 26 Januari 2012 pemerintah Malaysia menganugerahkan UKM otonomi yang penuh. Otonomi yang diberikan kepada UKM pada dasarnya mengalihkan wewenang pengambilan keputusan dari lembaga federal dan kementerian, ke universitas. Lalu, UKM meraih ranking yang cukup tinggi sebagai kampus terbaik diantara kampus-kampus terbaik dunia lainnya. Selanjutnya, UKM memiliki reputasi akademik yang bagus sebagai universitas negeri di Malaysia. Selain itu, UKM menawarkan kesempatan kepada para siswanya untuk berpartisipasi dalam pertukaran pelajar dengan universitas top di dunia. 

Gimana nih Venners, sudah sangat tertarik bukan untuk kuliah di Universiti Kebangsaan Malaysia? Jangan lupa untuk mempersiapkan persyaratan-persyaratan nya jika kamu ingin benar-benar kuliah di Universiti Kebangsaan Malaysia ya! Persyaratan-persyaratan  umum untuk berkuliah di UKM diantaranya:

  1. Sudah menyelesaikan 12 tahun studi 
  2. Memiliki ijazah SMA
  3. Memenuhi skor minimum bahasa Inggris sesuai fakultas yang diambil
  4. Lulus tes wawancara (jika diperlukan)
  5. Memenuhi persyaratan khusus dari tiap-tiap fakultas

Untuk berkuliah di UKM, rata-rata skor bahasa inggris yang diterima adalah 5.5 – 6.0 untuk IELTS, 50 – 93 untuk TOEFL IBT, dan 470 – 590 untuk TOEFL PBT. 

Jika kalian masih bingung mengenai berbagai tahapan, proses, dan berbagai macam persyaratan untuk berkuliah di UKM, kamu bisa banget untuk mengkonsultasikan rencana studi mu bersama Edvan Global Link. Nantinya, Edvan Global Link akan memberikan informasi lengkap mengenai studi ke luar negeri, khususnya Malaysia, termasuk estimasi biaya pendidikan. So, what are you waiting for?

Edvan Global Link,
Your Education and Career Planning Partner

2 Responses

Leave a Reply

Your email address will not be published.