1. /
  2. Blog
  3. /
  4. Uncategorized
  5. /
  6. Pengen Kuliah di Luar...

Pengen Kuliah di Luar Negeri? Siapkan Hal Penting Ini!

Venners, kamu pengen kuliah di luar negeri? Kalau iya, jangan lewatkan persiapan kuliahmu walau masih lama, ya!

Kuliah di luar negeri merupakan dambaan banyak orang. Dengan kuliah di luar negeri, kamu bisa memiliki sertifikasi yang berkualitas, mengenal banyak orang dari berbagai belahan dunia, serta memperluas relasi!

Kuliah di luar negeri juga membuat kamu lebih terbuka akan berbagai perbedaan, sehingga dapat meningkatkan sikap toleransimu atas perbedaan tersebut. Kamu juga dapat bermanfaat bagi banyak orang karena memotivasi mereka untuk melakukan berbagai hal positif dan menggapai mimpi dengan berkuliah di luar negeri. Pastikan ilmu yang kamu dapatkan bisa bermanfaat bagi banyak orang ya, Venners!

1. Pilih Negara Tujuan, Kampus, dan Jurusan yang diinginkan

Ketika hendak menentukan negara tujuan, kamu perlu mempertimbangkan berbagai hal dan pastinya kamu harus memiliki alasan yang jelas kenapa memilih negara tersebut. Budaya, cuaca, lingkungan, living cost, bisa jadi bahan pertimbangan kamu untuk menentukan negara studi.

Lalu, kamu juga perlu mencari tahu universitas dan jurusan apa yang kamu minati. Lakukan riset mendalam melalui browsing, mencari agen kuliah terpercaya, atau bertanya pada kenalanmu yang kuliah di universitas tersebut. Pastikan kamu tahu jurusan dan universitas yang kamu inginkan sesuai dengan kapasitas diri kamu. Perhatikan dengan cermat jenis pendidikan di sana berfokus pada teoretis, praktik, atau keduanya.

Kamu juga perlu memerhatikan serangkaian tahapan studi di sana, dimulai dari persiapan masuk, semasa studi, hingga projek akhirnya seperti apa. Dengan demikian, kamu punya gambaran jelas mengenai rencana studimu di luar negeri.

2. Kemampuan Bahasa Asing

Bahasa Inggris merupakan bahasa internasional yang wajib kamu kuasai ketika hendak kuliah di luar negeri. Untuk berinteraksi di kehidupan sehari-hari dan menunjang kehidupan selama perkuliahan jelas kamu membutuhkan kemampuan dalam bahasa Inggris. Kamu memerlukan validasi atas kemampuan bahasa Inggris untuk dilampirkan ke pihak kampus. Validasi tersebut dapat berupa IELTS, TOEFL, dan TOEIC. Selain bahasa Inggris, kamu juga perlu menguasai bahasa asing yang digunakan di negara tujuanmu.

Untuk menguasai bahasa asing, kamu perlu menguasai 4 (empat) keterampilan seperti speaking, listening, writing, dan reading. Kemampuan ini dapat kamu kuasai dengan mengikuti courses terpercaya di lingkungan sekitarmu atau bahkan bisa dengan otodidak dengan bantuan website atau platform ternama yang jauh lebih ekonomis dan fleksibel.

Gunakan alokasi waktu yang baik untuk mempersiapkan kemampuan berbahasa asingmu. Intensitas lebih berpengaruh dibanding rutinitas. Artinya, kemampuanmu akan lebih cepat berprogres ketika belajar setiap hari dibandingkan datang ke tempat bimbingan belajar seminggu 2 kali.

3. Dapatkan Beasiswa

Besarnya jumlah biaya pendidikan dan biaya hidup di luar negeri bukanlah suatu hambatan untuk kamu yang ingin menempuh pendidikan di sana.  Banyak beasiswa yang diselenggarakan baik oleh pemerintah dalam negeri, luar negeri, maupun pihak swasta. Tentunya perlu persiapan matang untuk mendapatkan beasiswa. Kamu harus memiliki riwayat hidup yang berkualitas, tujuan, serta kontribusi yang jelas untuk menjadi seorang awardee beasiswa.

Dengan beasiswa, kamu dapat menghemat biaya pengeluaran selama berada di luar negeri. Kamu juga berkesempatan mengikuti berbagai kegiatan positif, seperti magang di perusahaan ternama karena riwayat hidup yang berkualitas. Kini informasi beasiswa tersebar di mana-mana, baik itu di media sosial maupun website resmi beasiswa tersebut. Siapkan kualitas dirimu untuk masa depan yang cerah!

4. Siapkan Dokumen Akademik

Transkip nilai merupakan dokumen akademik yang perlu disiapkan sebaik mungkin. Pastikan dokumen akademikmu sudah diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris dan disahkan oleh pihak yang berwenang.

Selain transkip nilai, lembaga pendidikan di luar negeri juga membutuhkan bukti kesiapan dan komitmen secara tertulis berupa personal statement, motivation letter, dan recommendation letter. Hal ini dapat menjadi penentu lulus atau tidaknya kamu di universitas yang kamu inginkan.

5. Persiapkan Rencana Keuangan

Terlepas kamu mendapatkan beasiswa atau tidak, rencana keuangan harus tetap dipersiapkan. Kamu tidak bisa bergantung sepenuhnya pada dana pendidikan yang didapatkan dari beasiswa. Tentu kamu membutuhkan biaya persiapan seperti tes kemampuan bahasa asing, tiket pesawat, dan persiapan lainnya. Dana beasiswa pun memiliki kemungkinan telat cair. Maka dari itu kamu harus mempunyai back-up dana dengan memiliki rencana keuangan yang matang.

6. Pahami Gaya Hidup dan Tingkatkan Toleransi

Selama kuliah di luar negeri, kamu akan bersosialisasi dengan banyak orang. Maka dari itu, kamu perlu mempelajari dan memahami gaya hidup yang berlaku di sana. 

Meskipun banyak perbedaan budaya dengan negara asalmu, kamu harus tetap menghargai perbedaan tersebut. Kamu juga harus pintar beradaptasi dengan musim yang ada di luar negeri. Jika berada di negara subtropis, kamu akan merasakan 4 musim yaitu musim gugur, musim semi, musim dingin, dan musim panas. Usahakan kamu memiliki persiapan yang baik untuk menghadapi perubahan musim tersebut.

7. Siapkan Asuransi Kesehatan

Tinggal di negeri orang artinya pergi jauh meninggalkan keluarga. Untuk itu, asuransi kesehatan perlu disiapkan agar jika sewaktu-waktu sakit bisa menggunakan asuransi kesehatan dan biaya pengobatan tidak terlalu bengkak. Lagi-lagi diperlukan riset yang baik untuk mengetahui asuransi apa yang harus kamu siapakan. Namun, jangan khawatir di era yang serba canggih ini kamu bisa mengakses berbagai informasi dengan mudah.

Venners, itulah 7 persiapan yang wajib kamu persiapkan sebelum menempuh pendidikan di luar negeri. Setelah mempersiapkan banyak hal, jangan lupa fokus untuk persiapan kuliah agar lulus di universitas impianmu, semangat dan jangan pantang menyerah ya!

Penulis : Widi Suryati

Edvan Global Link,
Your Education and Career Planning Partner

Leave a Reply

Your email address will not be published.