1. /
  2. Blog
  3. /
  4. Blogspot
  5. /
  6. Tips Komunikasi Ampuh dari...

Tips Komunikasi Ampuh dari Tokoh Paling Berpengaruh dalam Sejarah!

Venners, sebagai makhluk sosial, komunikasi merupakan hal yang vital dalam kehidupan manusia. Dengan komunikasi, manusia dapat memenuhi berbagai kebutuhan hidupnya. Lebih dari itu, jika seseorang memiliki kepandaian yang lebih dalam berkomunikasi, maka ia dapat memberikan pengaruh baik bagi dunia, bahkan bagi peradaban! Contohnya adalah seperti yang dilakukan oleh tokoh paling berpengaruh nomor satu dalam sejarah ini.

Siapakah Tokohnya?

Menurut Michael H. Hart dalam bukunya yang sangat populer berjudul ‘Seratus Tokoh Yang Paling Berpengaruh dalam Sejarah’ jawabannya adalah Nabi Muhammad. Alasan Michael Hart yakin bahwa Nabi Muhammad adalah tokoh yang tepat untuk predikat tersebut yaitu karena kepemimpinan politik beliau berada di posisi terdepan sepanjang waktu, mendorong Bangsa Arab untuk meneruskan perjuangannya dalam menaklukan dunia, alhasil kini peradabannya membentang dari Irak hingga Maroko, bahkan masih meluas. Pengaruh yang dibawa oleh Nabi Muhammad masih hidup bahkan setelah berabad-abad dari kepergiannya.

Pengaruh Kesuksesan Komunikasi Beliau

Peradaban yang dibawanya pun dapat kita rasakan manfaatnya hingga saat ini, khususnya di bidang politik. Sebagai seorang penguasa terbaik yang memiliki kepandaian berkomunikasi, Nabi Muhammad telah memberi sumbangan luar biasa terhadap bangunan filsafat politik dan praktik pemerintahan. Struktur politik yang dibangun Nabi Muhammad, kini dikenal dengan sebutan negara, lengkap dengan otoritas tata pemerintahan yang berdasarkan aturan hukum.

Dalam menjadi seorang pemimpin, komunikasi yang pandai merupakan salah satu kunci suksesnya. Dari kejeniusan komunikasi beliau, orang-orang yang pada saat itu hidup bersamanya tak ragu untuk memberikan kepercayaan serta rasa hormat dan taat pada perintahnya. Selain itu, dengan komunikasi yang baik, Nabi Muhammad pun dikelilingi oleh para sahabat dan pengikut setianya yang siap untuk membantu perjuangan beliau. Sehingga, dapat diyakini bahwa dengan komunikasi yang pandai, Nabi Muhammad mendapatkan kemudahan dalam berjuang dan memberikan pengaruh baik bagi peradaban.

Pelajar Juga Butuh Kepandaian dalam Berkomunikasi Loh!

Privilege Nabi Muhammad sebagai seorang komunikator handal sangat menggiurkan bukan? Apalagi bagi para pelajar, menjadi orang yang dipercaya, memiliki banyak teman setia, dan dapat memberikan pengaruh baik bagi orang banyak merupakan hal yang sangat dibutuhkan. Yaitu untuk membangun relasi dan citra baik di kampus hingga menjadi mahasiswa yang mampu memberikan sumbangsih bagi masyarakat. Makin gak sabar kan buat intip tips kesuksesan komunikasi Nabi Muhammad? Berikut paparannya.

Komunikasi Ala Tokoh Paling Berpengaruh Nomor 1 dalam Sejarah

Komunikasi yang dilakukan oleh Nabi Muhammad merupakan komunikasi yang sangat efektif, sehingga tujuan beliau dalam berkomunikasi dapat tercapai dengan baik. Yaitu membuat audiens memiliki persepsi yang sama dengan beliau, sehingga sangat mudah bagi Nabi Muhammad untuk memasukkan berbagai pikiran, dan memberikan pengaruh baik bagi orang sekitarnya, bahkan bagi dunia. Lalu bagaimana cara melakukan komunikasi yang efektif? Dalam berkomunikasi, ternyata Nabi Muhammad menjalankan konsep REACH loh! Apa itu konsep REACH dalam berkomunikasi? 

Konsep REACH

Secara teoritis, proses komunikasi akan berjalan efektif, lancar, dan menguntungkan jika didalamnya termuat lima hukum komunikasi efektif, yaitu respect, empathy, audible, clarity, dan humble.

  1. Respect

Respect artinya rasa hormat dan saling menghargai. Manusia sangat senang jika ia merasa dihargai. Jika komunikasi yang dilakukan tidak saling merendahkan, maka orang akan mulai menyukai obrolan tersebut dan terjalin lah hubungan sosial yang baik. Sudah cukup banyak orang yang gagal berkomunikasi secara baik dengan orang lain, sebab penggunaan kalimat yang berpotensi merendahkan orang lain. Maka, lakukanlah komunikasi yang penuh dengan kehati-hatian dan disertai rasa menghargai satu sama lain. 

  1. Empathy

Empathy disini dapat diartikan sebagai kemampuan untuk menempatkan diri pada komunikasi yang dihadapi oleh orang lain, termasuk didalamnya adalah sikap tenggang rasa, pengertian, sensitivitas, dan dapat merasakan. Untuk dapat memahami perasaan dan pemikiran orang lain, cobalah bayangkan diri kita dalam posisi mereka. Dengan begitu kita tidak akan menjadi orang yang judgmental, sehingga disukai oleh lawan bicara. 

  1. Audible

Audible artinya dapat dimengerti dengan baik oleh lawan bicara. Dalam komunikasi, baik lisan maupun tulisan, gunakan bahasa yang mudah, ringkas, dan tepat, sehingga mudah dicerna dan dimengerti. Dengan kemampuan berbicara yang jelas, seorang komunikator akan lebih mudah dalam mengkomunikasikan maksud dan tujuannya terhadap publik.

  1. Clarity

Clarity bermakna bahwa pesan yang disampaikan oleh komunikan jelas dan tidak ada yang ditutup-tutupi (transparan). Ini bisa juga diartikan bahwa komunikasi haruslah jujur, luruh, dan tidak menyesatkan. Kejelasan dan kebenaran fakta dalam informasi yang disampaikan kepada publik juga terkandung dalam poin clarity. Salah satu penyebab munculnya salah paham antara satu orang dengan yang lain adalah informasi yang tidak jelas yang mereka terima. Hindarilah untuk berspekulasi atau menafsirkan sendiri atas apa yang didengar. Langkah terbaik sebelum berkomunikasi adalah dengan menetapkan tujuan secara jelas dan perjelas intonasi suara kita. Berbicaralah dengan perlahan, yang penting jelas, bahkan lakukan pengulangan bila perlu. 

  1. Humble

Humble artinya rendah hati, mau melayani, rela memaafkan, lemah lembut, tidak menyalahkan, dan tidak merasa superior. Sikap rendah hati dalam konteks komunikasi dapat memberikan kesempatan kepada orang lain untuk berbicara terlebih dahulu dan kita menjadi pendengar yang baik. Prinsip komunikasi efektif selalu berlandaskan kepedulian terhadap lawan bicara dibandingkan kepentingan sendiri.

Nah, venners… itu dia komunikasi ala Nabi Muhammad, yuk mulai kita terapkan dan rasakan manfaatnya!

Referensi:

Hart, M. H. (2001). Seratus tokoh yang paling berpengaruh dalam sejarah. Pustaka Jaya.

Ulum, S. (2019). Seni Komunikasi Ala Rasul. Penerbit Mueeza.Muhammad SAW Tokoh Berpengaruh Sepanjang Sejarah Manusia. (2019, November 9). Republika. Retrieved December 18, 2021, from https://www.republika.co.id/berita/q0ph47313/muhammad-saw-tokoh-berpengaruh-sepanjang-sejarah-manusia

Penulis: Salwa Nur Rohmah

Edvan Global Link,
Your Education and Career Planning Partner

Leave a Reply

Your email address will not be published.